green world

Assalamu'alaikum wr.wb.

Penduduk dunia semakin bertambah, bumi tidak bertambah luas. akibatnya akan semakin banyak hutan dikonversi ke pemukiman dan bentuk konversi lainnya dalam rangka memenuhi hajat hidup penduduk bumi ini, seperti bahan tambang, hasil hutan kayu dan non kayu, dan sebagainya. Bisa dibayangkan, bumi yang semakin menyempit, dengan semakin berkurangnya daya dukung bumi bagi kehidupan manusia menimbulkan image masa depan umat manusia yang mengerikan. Kita bisa membayangkan, bumi dengan oksigen yang sangat tipis, sinar ultraviolet yang berbahaya itu dengan leluasanya mencapai permukaan bumi, hujan asam yang dengan setia akan menyirami bumi...Sungguh mengerikan. Sudah saatnya umat manusia berbuat adil kepada bumi dan alam ini. Bumi dengan begitu indahnya memberikan kita tempat hidup yang asri. Udara sejuk dapat kita nikmati gratis setiap saat. Hasil alam yang begitu melimpah baik tambang maupun non tambang. Akan tetapi kita mengelolanya dengan sangat bijaksana. Banyak para penambang, penebang kayu yang dengan seenaknya mengeruk hasil bumi berupa kayu dan hasil tambang dengan sangat rakus. Kita bisa melihat sendiri apa yang terjadi...Kerusakan alam semakin parah tanpa ada usaha untuk mengembalikannya seperti sedia kala. Sudah adilkah kita?

Indikasi semakin menurunnya daya dukung bumi bagi kehidupan sudah mulai tampak saat ini. Kita bisa mendengar naiknya permukaan laut sebagai akibat mencairnya es di kutub sebagai dampak dari Pemanasan Global itu. Suhu bumi berangsur-angsur mulai meningkat, sebagai akibat tingginya akumulasi GRK (Gas Rumah Kaca) di atmosfer bumi dan bolongnya lapisan Ozon kita. Timbulnya berbagai jenis penyakit kanker akibat sinar matahari juga menjadi indikasi telah semakin berkurangnya daya dukung bumi.
Mulai saat ini, mari kita sayangi alam dengan cara :
1. Membuang sampah pada tempatnya
2. Menggunakan produk ramah lingkungan (AC, Kulkas non CFC, Motor 4 tak)
3. Menghemat pemakaian BBM dan listrik (ingat, semakin boros kita menggunakan BBM dan listrik akan semakin cepat eksploitasi terhadap BBM terjadi, sehingga akan mempercepat laju kerusakan bumi dan berkurangnya daya dukung bumi bagi kehidupan)
4. Menggunakan produk-produk daur ulang
5. Mendukung kampanye-kampanye bertema penyelamatan lingkungan hidup
5. Mulailah membudayakan menanam pohon..
Mudah-mudahan dengan langkah sederhana tersebut kita telah ikut membantu mengurangi dampak negatif dan kerusakan bumi kita. Semoga!

Wassalam.